Pijat Bayi, Kegiatan Bermain Sembari Relaksasi

PIJAT BAYI, KEGIATAN BERMAIN SEMBARI RELAKSASI

Pijat bayi, terapi sentuhan untuk kesehatan tubuh bayi

(Sumber: Dokumentasi KegiatanPijat Bayi di PAUD TERPADU OMAH BOCAH ANNAAFI’)

Tahukah Bunda apakah pijat bayi itu? Pijat bayi merupakan terapi sentuhan yang berfungsi untuk relaksasi dan menjaga tubuh bayi tetap sehat. Selain itu, pijat bayi dapat memperkuat hubungan emosional antara orang tua dengan bayi. Memijat bayi dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, memperbaiki peredaran darah dan pernafasan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Pijat bayi dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk ayah bunda, kakek nenek, pengasuh, terapis, dan lainnya. Bayi dapat dipijat ketika menunjukkan kondisi sulit tidur dan menunjukkan rasa kurang nyaman.

Cara pijat bayi :

Kaki Bayi

Fokus satu kaki, pegang paha dengan satu tangan, gerakkan tangan sampai ke ujung kaki dengan gerakan memutar seperti memerah susu. Kemudian, bunda bisa menggunakan ibu jari untuk menekan telapak kaki dari tumit hingga ke jari-jarinya. Dorong perlahan kaki bayi hingga lututnya menekuk ke arah perut. Ulangi untuk kaki satunya.

 Dada dan Perut Bayi

Tempatkan kedua tangan Bunda di dada bayi. Usapkan tangan ke arah bahu lalu kembali ke posisi semula, seperti membentuk hati. Kemudian, pijat perut bayi dengan gerakan mengeruk dari atas ke bawah perut, angkat kedua kaki bayi dan tekan kedua lututnya. Buat gerakan melingkar di atas perut bayi searah jarum jam.

Pijat perut bayi dengan gerakan “I LOVE YOU”: “I” pijat dari arah atas ke bawah lurus seperti huruf “I” di bagian perut kiri bayi, “LOVE” pijat membentuk huruf “L terbalik” dari arah kanan ke kiri di bagian perut atas lanjut ke bawah perut, “YOU” pijat membentuk huruf “U terbalik”, gerakan pijat memutar setengah lingkaran membentuk huruf U dari perut kanan bawah naik lalu sampai ke kiri bawah.

Tangan Bayi

Fokus satu tangan, pegang lengan dengan satu tangan bunda. Gerakkan tangan sampai ke pergelangan tangan dengan gerakan memutar seperti memerah susu. Kemudian, bunda bisa menggunakan ibu jari untuk menekan telapak tangan dan memilin jari-jari bayi dengan lembut. Ulangi untuk tangan satunya.

Punggung Bayi

Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap, pijat bayi dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua tangan Bunda. Kemudian, pijat dengan gerakan meluncur dimulai dari bawah leher hingga pantat bayi. Buat gerakan melingkar dengan jari Bunda pada otot di samping tulang punggung. Setelah itu, usapkan telapak tangan Bunda dari bawah leher sampai ke bagian pantat bayi untuk mengakhiri pijatan.

Wajah Bayi

Tekan jemari Bunda dimulai dari tengah kening bayi mengarah ke pelipis dan pipi. Pijat bagian atas alis dengan kedua ibu jari. Tekan lembut dengan menggunakan ibu jari, tariklah garis dari arah hidung bayi ke arah pipi. Pijat area mulut bayi menggunakan kedua ibu jari,tekan lembut sekitar rahang bawah bayi mengarah dari tengah ke samping untuk membuat bibir bayi membentuk senyuman.

Ayah Bunda dapat mengulangi gerakan-gerakan memijat hingga 2-3 kali.

Bagaimana Bunda? Mudah dan sederhana ‘kan cara memijat bayi. Ketika memijat, Bunda dapat mengajak berbicara sembari menatap mata bayi untuk memperkuat ikatan hubungan antara Bunda dengan bayi. Bunda dapat memijat bayi dengan lembut namun kuat, dan tentunya Bunda dapat menggunakan minyak yang aman untuk bayi. Kegiatan pijat bayi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sangat praktis dan fleksibel. Selamat mencoba Bunda!

PAUD Terpadu Omah Bocah Annaafi
Perum Griyasanta Blok L 301 Lowokwaru
Kota Malang
☎️ 0341-419945
? 0821-3119-2227
.
.
.

#parentingobahma
#belajardarirumah
#pembelajarandaring
#paudmalang
#paudterpadumalang
#paudterbaikmalang
#penitipananakmalang
#playgroupterbaikmalang
#kbtkmalang
#tkterbaikmalang
#daycaremalang
#sekolahtkislam
#sekolahunggulanmalang
#omahbocahannafi
#omahbocahannaafimalang
#islamicfulldayschool
#islamicfulldayschoolmalang
#sekolahfulldaymalang

 

Leave a comment